Tenis dan Kerudung


(Sengaja) liat cocard di atas ngegantung di deket kaca bikin pikiran riuh ke tahun 2016. Bisa dibilang the best achievement selama menggeluti tenis lapangan. Padahal biasa aja. Jadi, mari kita lempar balik. Kenapa aku bisa bilang pencapaian terbaik? Karena selama main tenis dari kelas 4 atau 5 SD, lupa, aku sama sekali nggak pernah jadi juara 1 waktu Pekan Olahraga Daerah (POPDA) yang tingkat Kabupaten. Lol. Tapi emang beneran. Kalaupun juara 2, itu gegara yang pada udah jago nggak ikut lombanya. 

   Februari 2016 adalah tahun POPDA terakhir karena ada aturan kalo kelas 12 udah nggak boleh ikut. Yap, kelas 11 waktu itu.  Kebiasaan dari SD-SMA, kalo POPDA pasti ketemunya itu-itu aja. Sebut saja Siwi dan Jeje. Lucunya, kita bertiga itu latihannya di tempat yang sama. Jadi, kita semua adalah kawan juga lawan. Tapi, lawannya cuma di dalem lapangan. Di luar itu kita kawan sedari piyik bersama. Singkat cerita, semifinal aku ketemu Siwi. Skor aku vs Siwi itu 8-7 kalau nggak salah. Tipis, yha. Maju ke final ketemu Jeje. Sedikit bocoran, seringnya kalo ketemu Jeje aku yang kalah. Jadi sebelum main final, mental agak menciut duluan sampe muncul pikiran "Juara 2 juga gapapa, udah bagus" buat ngadem-ngademin hati sama pikiran. Nggak lama nama kita berdua dipanggil. Jantung kek mau meledak, gak karuan. Lebay. Udah nih pas skor 7-5, aku yang mimpin. Deg-degannya makin menjadi yang akhirnya jadi boomerang diri sendiri. Maksud hati ingin cepet mencapai 1 skor lagi biar 8, kelar, berarti menang. Eh malah sering mati sendiri, entah itu out atau nyangkut di net bolanya. Skor jadi 7-7. Mampus, beneran waktu itu perasaan udah ga ngerti lagi itu rasa apa namanya. Masuklah ke match point, penentuan siapa duluan yang bisa capai skor 8, dialah yang menang. Di situ aku sama Jeje pukulannya udah sama-sama ngaco, bola lambung semua isinya. Kacau. Sepanjang match point itu juga aku mukul bola sambil sholawat, baca ayat kursi, nyebut asma Allah dalam hati. Sampe pada suatu perkataan dalam hati "Ya Allah, izinkan hamba menang. InsyaAllah setelah ini nggak buka kerudung lagi kalau main tenis". Sepersekian detik, doanya dikabulkan beneran. Pertandingan selesai. Aku tereak kenceng banget saking leganya. Alhamdulillah. 

    Karena lombanya berjenjang, setelah dari Kabupaten aku maju ke Provinsi. Jadi kali ini tingkatnya Provinsi, melombakan antar Kabupaten dan Kota. Kalo nginget yang ini antara seneng dan malu. Seneng karena bisa mewakili kabupaten di provinsi, tapi malu gegara sekali main langsung kalah. Udah jauh-jauh dari Purwokerto ke Semarang, eh langsung kalah. Tapi yang paling bikin malu adalah aku lupa kalau udah janji setelah menang POPDA kabupaten bakal ga lepas kerudung, alias main tenisnya pake hijab. Malu sama Allah. Malu b a n g e t. Setelah main dan kalah, aku sadar kalo ada sebuah janji yang diingkari. 

Hikmah dari kekalahan yang saya alami, mungkin, Allah sedang menagih janji "Mana janji manismu?"

Lah. Jangan nyanyi bacanya.

Ya Allah. Mohon ampun. :(

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hore!

Perempuan